Pengembangan Game Edukasi "Promath" Berbasis Android Berbantuan Software Unity untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Peluang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi “Promath” berbasis android agar dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran matematika materi peluang. Proses pengembangan game edukasi Promath menggunakan pengembangan model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah game edukasi Promath yang dikembangkan dengan Unity, lembar angket respon pengguna, soal pre-test, dan post-test. Lokasi pengembangan game edukasi “Promath” adalah Ruang Laboratorium Virtual Pendidikan Matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi Promath memperoleh kriteria valid dengan nilai α sebesar 0,96, dinyatakan praktis dengan persentase yang diperoleh sebesar 83% dengan kategori baik, memperoleh kriteria tinggi pada uji keefektifan dengan nilai persentase n-gain sebesar 0,71 dan telah dinyatakan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi probabilitas yang dilihat dari rata-rata pre-test dan post-test yang mengalami peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep.