• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Volunteer Pendamping Mahasiswa Disabilitas di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas PGRI Argopuro Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI DWIJA PANJI SURYANA (watermark).pdf (857.7Kb)
    Date
    2025-01-31
    Author
    SURYANA, Dwija Panji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Universitas PGRI Argopuro Jember (UNIPAR) merupakan salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Jember yang berkomitmen menjadi kampus inklusif ramah disabilitas. Komitmen UNIPAR Jember diwujudkan dengan dibentuknya Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan bagi mahasiswa disabilitas dan mendukung pelaksanan pendidikan inklusif di UNIPAR Jember. Salah satu bentuk pelayanan bagi mahasiswa disabilitas di UNIPAR Jember yakni pendampingan oleh volunteer. Volunteer merupakan mahasiswa non-disabilitas yang telah mengikuti seleksi rekrutmen pendamping dan telah mengikuti pelatihan disability awareness dan bahasa isyarat. Volunteer berperan sentral dalam pendampingan mahasiswa disabilitas mengingat sebagai sesama mahasiswa, intensitas mereka dalam berinteraksi dan berkomunikasi akan lebih sering terjadi. Oleh sebab itu, menjadi penting untuk diteliti berdasarkan sudut pandang Ilmu Kesejahteraan Sosial. Sebagaimana terangkum dalam tujuan penelitian, yakni untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peran volunteer pendamping mahasiswa disabilitas di PSLD UNIPAR Jember. Penelitian ini menggunakan konsep penyandang disabilitas, konsep pendampingan sosial, konsep pendidikan inklusif, dan konsep peran volunteer. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area, yakni Universitas PGRI Argopuro Jember. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari informan pokok dan informan tambahan. Informan pokok dipilih sebanyak satu ketua lembaga PSLD dan empat volunteer, sedangkan informan tambahan yakni tiga mahasiswa disabilitas yang mewakili ragam jenis disabilitas yang ada di UNIPAR Jember. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis berdasarkan Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan empat standar utama dalam memastikan keabsahan data yakni kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa Universitas PGRI Argopuro Jember merupakan perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jember yang memiliki komitmen menjadi kampus inklusif ramah bagi penyandang disabilitas. Komitmen tersebut dapat di identifikasi melalui temuan terdapatnya mahasiswa disabilitas di UNIPAR Jember. Selain itu, sebagai bentuk penyelenggaraan pendidikan inklusif, UNIPAR Jember juga membentuk unit layanan disabilitas yakni Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD). PSLD UNIPAR Jember memiliki fungsi dalam memberikan pelayanan berupa pendampingan, bimbingan konseling, dan pelatihan bagi mahasiswa disabilitas. Pendampingan terhadap mahasiswa disabilitas dilakukan dengan melibatkan mahasiswa non-disabilitas melalui rekruitmen volunteer pendamping mahasiswa disabilitas. Volunteer sebagai pendamping memiliki beberapa aktivitas seperti pendampingan seleksi masuk perguruan tinggi, pendampingan bahasa isyarat, pendampingan terhadap aksesibilitas dan mobilisasi, pendampingan materi perkuliahan, pendampingan di luar kampus, dan menyusun evaluasi aktivitas pendampingan. Berdasarkan aktivitas kerelawanan yang dilakukan oleh volunteer PSLD UNIPAR Jember terdapat beberapa peranan yang teridentifikasi yakni sebagai pendamping, komunikator, dan mobilisator. Peranan tersebut berbeda dengan peranan yang dilakukan oleh volunteer sebagaimana Mitchell (dalam Mayrawati & Nugroho, 2019) yang menjelaskan bahwa terdapat empat peran volunteer yakni sebagai policy making volunteers, administrative volunteers, advocacy volunteers, direct service volunteers. Sehingga temuan ini dapat dikatakan sebagai temuan baru yang menjelaskan terkait dengan peran volunteer.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126974
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository