Pengembangan Video Aplikasi Avakin Life sebagai Bahan Ajar Tema 8 Subtema 4 Aku Suka Berkarya terhadap Keterampilan Menyimak Berbasis Kearifan Lokal Kelas III Sdn Dabasah 01 Bondowoso
Abstract
Pembelajaran bahasa bertujuan untuk lebih mengembangkan keterampilan setiap orang dalam mengungkapkan gagasan, perasaan, dan pikiran, serta keterampilan pribadi, baik lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan video Avakin Life sebagai bahan ajar tema 8 subtema 4 “Aku Suka Berkarya” yang valid, efektif, dan praktis untuk keterampilan menyimak berbasis lokal. kebijaksanaan Bondowoso untuk siswa kelas III SDN Dabasah 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Dabasah 01 Bondowoso yang berjumlah 29 siswa pada setiap kelasnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, dan angket. Validitas produk video Avakin Life adalah 79 untuk desain, 80 untuk bahasa, dan 96 untuk konten sehingga layak untuk diuji coba. Uji efektivitas produk dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 5,249 > 2,003, sedangkan efektivitas relatif produk memperoleh persentase sebesar 67,2% yang dikategorikan efektivitas tinggi. Hasil uji praktikalitas sangat baik dengan perolehan skor 94,1. Berdasarkan hasil tersebut, maka pengembangan video Avakin Life sebagai bahan ajar tema 8 subtema 4 untuk kelas III dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.