Strategi Organisasi The Pad Project dalam Mengatasi Period Poverty di India
Abstract
India merupakan salah satu negara dengan kasus period poverty yang cukup
tinggi. The Pad Project selaku organisasi internasional kemudian hadir dan
meluncurkan peran serta berbagai strateginya sebagai respon dalam mengatasi
fenomena period poverty di India. Oleh karena itu, penelitian ini akan berfokus
pada analisis lebih lanjut terkait strategi organisasi The Pad Project dalam
menghadapi period poverty di India.
Penelitian ini menggunakan teori transnational advocacy network dalam
menganalisis strategi The Pad Project. Dalam proses pengumpulan data,
penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Selanjutnya, metode analisis
deskriptif kualitatif diterapkan untuk menganalisis data yang telah didapat.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa The Pad Project menluncurkan empat
strategi Transnational Advocacy Network guna mengadvokasikan isu period
poverty pada publik internasional. Empat strategi tersebut adalah information
politics, symbolics politics, leverage politics, dan accountability politics.
Melalui strategi information politics, The Pad Project berusaha memperoleh
informasi yang kredibel terkait kondisi menstruator yang mengalami isu period
poverty di India. Kemudian, The Pad Project memanfaatkan posisi India sebagai
negara dengan populasi terbanyak sebagai bagian dari strategi symbolic politics.
Strategi leverage politics diluncurkan The Pad Project dengan menuntut aktor
internasional untuk mendesak pemerintah India agar segera mengatasi fenomena
period poverty dan menyorot pemerintah India melalui penayangan film
dokumenter. The Pad Project kemudian mengawasi dan memonitor komitmen
pemerintah India melalui Strategi accountability politics Berbagai strategi
tersebut kemudian terbukti dapat menekan pemerintah India untuk lebih
memperhatikan efektifitas penerapan skema menstrual hygiene terhadap
masyarakat sehingga dapat menekan jumlah kasus period poverty di India