PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN KELILING, LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP PGRI 02 BINANGUN BLITAR TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini semakin pesat seiring dengan era globalisasi, yang berdampak pada cepatnya arus informasi dan menipisnya batas antar negara. Keadaan ini menuntut masyarakat dan bangsa Indonesia harus siap dan cakap dalam menghadapinya. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah peningkatan dan perbaikan pembangunan di bidang pendidikan Untuk itu guru harus melakukan inovasi dan bersikap kreatif dalam menyajikan materi. Sehingga diperlukan pengembangan metode pembelajaran yang efektif dan efisien yang bisa memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajarnya dapat maksimal. Oleh karena itu dilaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas siswa pada penerapan PAKEM dengan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009, (2) untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti PAKEM dengan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009.
Pengambilan data dilaksanakan di SMP PGRI 02 Binangun Blitar mulai tanggal 16-30 April 2009. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan satu siklus. Hasil tes pembelajaran I menunjukkan bahwa 75,76 % siswa mencapai ketuntasan belajar dan pada tes pembelajaran II ketuntasan
belajar mencapai 90,91 %. Sedangkan hasil observasi aktifitas siswa mengalami peningkatan, terbukti dari pembelajaran I persentase siswa yang aktif 59,60 %, kreatif
77,78 %, efektif 75,76 % dan menyenangkan 96,97 %. Pada Pembelajaran II persentase siswa yang aktif 71,72 %, kreatif 80,81 %, efektif 79,80 % dan menyenangkan 100 %. Aktifitas siswa secara kelompok pada pembelajaran I mencapai 83,34 % dan pada pembelajaran II mencapai 92,59 %.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pada penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pembelajaran
matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009 diperoleh
persentase aktifitas siswa secara individu pada pembelajaran I sebesar 77,53 % dan pada pembelajaran II sebesar 83,08 %. Sedangkan persentase aktifitas siswa secara kelompok pada pembelajaran I sebesar 83,34 % dan pada pembelajaran II sebesar 92,59 %. (2) pada penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
(PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009 diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 75,76 % pada pembelajaran I dan 90,91 %.pada pembelajaran II.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga).
Ikhsanul Halikin (2013-12-24)Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ... -
PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ... -
Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran
Ani, Hety Mustika (2013-07-01)Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...