Pengaruh Media PhET (Physics Education Technology) pada Pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Tanggul Wetan 02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media PhET (Physics Education Technology) pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tanggul Wetan 02. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test dengan subjek penelitian sebanyak 48 peserta didik. Analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 51,14 dan 66,66, sedangkan rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 49,16 dan 75,52. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai t-hitung sebesar 5,545 dan nilai t-tabel sebesar 1,679, sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (5,545 > 1,679). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media PhET (Physics Education Technology) pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tanggul Wetan 02.