Strategi Bauran Pemasaran UMKM Olahan Pisang Aroma di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Bauran Pemasaran
UMKM Olahan Pisang Aroma di Kabupaten Lumajang, metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif untuk menganalisis
strategi Bauran Pemasaran yang ada di UMKM Olahan Pisang Aroma di
Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang yang menggunakan tiga tahap analisis
data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Adapun metode
penentuan lokasi yaitu menggunakan metode purposive area dan untuk metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara,
dokumen dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Olahan Pisang Aroma di
Kabupaten Lumajang telah melakukan strategi bauran pemasaran. Strategi bauran
pemasaran yang dilakukan oleh UMKM ini mulai dari produk yang meliputi
kemasan, ukuran kemasan, desain kemasan, untuk harga dalam UMKM ini
meliputi kesesuaian harga dipasaran yang telah dihitung dengan sedemikian rupa.
Dalam bauran pemasaran tempat UMKM ini meliputi lokasi usaha, tempat parkir,
perizinan usaha, lingkungan usaha dan lain sebagainya, untuk promosi meliputi
promo potongan harga dengan membeli dalam jumlah tertentu.
Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian strategi bauran
pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Aroma telah melakukan strategi bauran
pemasaran baik dari segi produk, harga, tempat dan juga promosi. Namun
UMKM Aroma kedepannya diharapkan untuk terus berusaha mengadakan promopromo yang dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian.