• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Augmented Reality berbasis Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Creative Thinking Skill

    Thumbnail
    View/Open
    Naya Valentina_200210302017 (3.214Mb)
    Date
    2024-08-19
    Author
    VALENTINA, Naya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemajuan teknologi telah memperpendek siklus produksi dan meningkatkan produktivitas. Kemajuan dan kecepatan pertumbuhan ekonomi, komputer mengambil alih, menggantikan, atau melengkapi banyak pekerjaan yang dilakukan manusia di berbagai bidang seperti pemrosesan informasi dan tugas-tugas berbasis aturan, sehingga meningkatkan permintaan akan keterampilan tingkat tinggi. Permasalahan penggunaan media dalam pembelajaran sejarah salah satunya yaitu terbatasnya akses internet dan perangkat teknologi digital di kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan, sehingga guru dan siswa tidak dapat menggunakan media pembelajaran secara maksimal, pendidik harus menyediakan materi yang berkualitas dan mudah dipahami siswa . Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah, yaitu 1.) Bagaimana Pengembangan dan Hasil Validasi Media Augmented Reality (AR) berbasis discovery learning?2.)Bagaimana Efektivitas Media Augmented Reality (AR) berbasis discovery learning terhadap creative thinking skill? Tujuan penelitian ini antara lain 1) Mengembangkan dan menvalidasi media pembelajaran dalam rangka meningkatkan creative thinking skill pada peserta didik; 2) Mengidentifikasi efektifitas pengembangan media pembelajaran creative thinking skill. Penelitian pengembangan media augmented reality ini menggunakan model ASSURE. Model ASSURE terdiri atas enam tahapan, yaitu (1) Analyze learner characteristic, (2) State performance objective, (3) Select methods, media, and materials, (4) Utilize materials, (5) Requires learner participation dan (6) Evaluate and revise. Metode yang digunakan, yaitu discovery learning. Penemuan terjadi ketika individu-individu terutama terlibat penggunaan proses mental untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip.Penemuan dilakukan dengan cara mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, meramalkan, menentukan dan pemikiran. Proses ini disebut proses kognitif, dan penemuan itu sendiri adalah proses mental menyerap konsep dan prinsip. Hasil uji validasi media augmented reality sebagai berikut; (1) validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar sebesar 3,65 dengan kategori luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi; (2) validasi ahli materi sebesar 3,66 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi; dan (3) validasi ahli bahasa sebesar 3,7 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi. Pada uji pengguna pendidik mencapai nilai 3,82 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi. Pada hasil uji pengguna peserta didik mencapai nilai 3,29 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan efektifitas nilai pengetahuan pada peserta didik. Pada uji efektivitas relative menggunakan rumus eta square didapatkan nilai sebesar 0,54 sehingga dapat disimpulkan bahwa media augmented realitu menempati kualifikasi luar bisa dalam meningkatkan creative thinking skill peserta didik. Berdasarkan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa media augmented reality berbasis discovery learning dan pengaruhnya terhadap creative thinking skill yang telah dikembangkan telah tervalidasi dengan kualifikasi sangat baik. Produk aplikasi augmented reality juga dapat meningkatkan efektivitas creative thinking skill pada peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126815
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15383]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository