Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik SD
Abstract
Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling kompleks dan sangat penting dikuasai oleh peserta didik dalam proses belajarnya. Kurikulum merdeka fase B menyebutkan peserta didik diharapkan dapat menulis suatu karangan salah satunya karangan narasi. Inovasi dalam menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sangat diperlukan. Model pembelajaran kooperatif tipe TTW tepat digunakan untuk mengatasi kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis. Penelitian dilakukan di SDN Bangsalsari 03 Jember dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes kinerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis data memperoleh nilai t hitung > t tabel (6,696 > 2,004), sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SDN Bangsalsari 03 Jember.