Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Soerabaja45 Jember)
Abstract
Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan profit, pendapatan, dan kepuasan pelanggan dengan mengorganisir segmen pelanggan, mendorong perilaku yang memuaskan, dan menerapkan proses yang berfokus pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (CRM) terhadap kepuasan pelanggan pada Soerabaja45 di Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan Soerabaja45 sebanyak 160 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM, yang terdiri dari proses, teknologi, dan sumber daya manusia, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.