• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Embeddedness dan McDonaldisasi: Etnografi Proses Produksi hingga Selera Konsumsi Komoditas Ayam Potong pada Masyarakat Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Dika Ifanda Yunarko_190910302037 (4.477Mb)
    Date
    2024-09-27
    Author
    YUNARKO, Dika Ifanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemaknaan jejaring dagang komoditas ayam potong tentang proses produksi dan konstruksi selera konsumsi masyarakat Lumajang. Berlandaskan data termutakhir 2022, populasi ternak unggas terbesar di Kabupaten Lumajang yakni ayam ras pedaging, yang notabene mencapai 10.428.512 ekor. Ini membuktikan bahwa keberlangsungan basis usaha komoditas ayam potong sebagaimana bahan pangan utama memiliki kekuatan dari segi persediaan maupun permintaan pasar. Momen premanan dan sistem mbayar nggawa menjadi bingkai sosial-ekonomi yang ‘menghidupi’ jaringan bisnis ayam potong. Mulai fenomena produksi, momen premanan identik dengan peningkatan kapasitas penyembelihan ayam ras pedaging secara drastis, perpanjangan jam kerja, serta penambahan SDM guna mengejar profit penjualan. Dalam menelaah fenomena, penelitian ini merujuk keterkaitan dua grand theory yakni Embeddedness (Mark Granovetter) dan McDonaldisasi (George Ritzer). Pada praktiknya, rantai pasok komoditas ayam potong di Lumajang senantiasa melekat dengan aktivitas relasional para pelaku ekonomi yang melibatkan unsur norma, kepercayaan, dan kekuasaan (konteks Embeddedness). Secara bersamaan juga menunjukkan pengaruh mekanisme ala jaringan cepat saji yang mengejar efisiensi, daya hitung, daya prediksi, dan kontrol (konteks McDonaldisasi). Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa bisnis komoditas ayam potong merupakan salah satu basis usaha yang prospektif, baik pada skala mikro maupun makro. Segmentasi pasar yang luas notabene sepadan dengan kelimpahan stok dan tingginya permintaan konsumen. Dengan begitu, pemilik usaha di bidang peternakan ayam ras pedaging (broiler), unit-unit pemotongan, hingga bisnis jual beli komoditas sejenis membangun suatu jaringan rantai pasok komoditas pangan dengan melekatkan unsur sosial dalam kegiatan ekonomi mereka, sebagaimana implementasi dari momen premanan dan sistem mbayar nggawa di Lumajang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126794
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5650]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository