• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Hasil Belajar antara Model Problem Based Learning berbantuan Wordwall dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan fiskal dan kebijakan moneter kelas XI peserta didik SMAN 4 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Ana Rosita_200210301044 (876.3Kb)
    Date
    2024-07-24
    Author
    ROSITA, Ana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang disusun menyesuaikan kurikulum yang berlaku, didalamnya terdapat sintaks yang dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. PBL menjadi salah satu model yang memusatkan kegiatan pada peserta didik guna mengembangkan keterampilan, serta membantu peserta didik berpikir kritis guna menemukan alternatif pemecahan akan masalah yang dihadapi. Selain itu terdapat model pembelajaran kooperatif yang tidak hanya belajar secara berkelompok, namun jika dilaksanakan dengan benar model ini akan memberikan kemudahan guru untuk mengelola kelas agar lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMAN 4 Jember. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 4 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara purposive sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk Essay. Analisis data dilakukan dengan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 8 dan XI IPS 7 melalui penerapan model pembelajaran yang berbeda yakni model belajar problem based learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui pemanfaatan media wordwall. Dari hasil pengolahan data didapatkan nilai signifikansi Sig (2-tailed) yakni 0,016 < 0,05 Nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 85,69 sementara rata-rata hasil posttest kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 81,94.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126793
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository