Implementasi Modus Belajar Mandiri pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Al-Muttaqin Jember
Abstract
Penelitian ini menunjukan bahwa implemetasi modus belajar mandiri yang
menggunakan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan.
Komponen dasar dari tahap perencanaan adalah perencanaan waktu yang akan
diluangkan oleh warga belajar, tahap pelaksanaan komponennya seperti
munculnya inisiatif warga belajar dalam melaksanakan belajar mandiri, dan tahap
pemantauan komponennya mengenai warga belajar diharapkan bisa menilai
pencapaian pembelajaran atau kemampuan dirinya. Adapun enam komponen
pendukung dalam belajar mandiri yaitu diantaranya inisiatif individu dalam proses
pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar sendiri yang dilakukan oleh
warga belajar, menetapkan tujuan belajar sendiri, mengidentifikasi sumber belajar
dan memilih strategi pembelajaran yang mereka minati dan terakhir evaluasi hasil
belajar yang artinya warga belajar harus mengevaluasi setiap proses belajarnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi
modus belajar mandiri yang dilakukan oleh warga belajar dalam program
pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Al-Muttaqin telah dilaksanakan sesuai
dengan rangkaian implementasi modus belajar mandiri melalui tiga tahapan
penting yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan enam komponen
pendukung yaitu inisiatif individu, mengidentifikasi kebutuhan belajar sendiri,
menetapkan tujuan belajar sendiri, identifikasi sumber belajar, pemilihan strategi
pembelajaran, evaluasi hasil belajar sendiri. Maka peneliti menemukan bahwa
penerapan tiga tahapan penting telah dilakukan, akan tetapi di dalam tiga tahapan
tersebut ada satu tahap yang belum dilaksanakan dengan maksimal yaitu tahap
pemantauan dikarenakan terdapat kurangnya kesadaran warga belajar dalam
mengawasi hasil belajar mereka. Namun peran tutor masih terlibat dalam kegiatan
belajar mengajar untuk membantu dan mengupayakan hal-hal yang masih belum
maksimal agar warga belajar mulai muncul akan kesadaran mengenai pengawasan
hasil belajar mereka sendiri.