• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Modus Belajar Mandiri pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Al-Muttaqin Jember

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi (2.143Mb)
    Date
    2024-09-25
    Author
    PUTRI, Nila Kurnia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menunjukan bahwa implemetasi modus belajar mandiri yang menggunakan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan. Komponen dasar dari tahap perencanaan adalah perencanaan waktu yang akan diluangkan oleh warga belajar, tahap pelaksanaan komponennya seperti munculnya inisiatif warga belajar dalam melaksanakan belajar mandiri, dan tahap pemantauan komponennya mengenai warga belajar diharapkan bisa menilai pencapaian pembelajaran atau kemampuan dirinya. Adapun enam komponen pendukung dalam belajar mandiri yaitu diantaranya inisiatif individu dalam proses pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar sendiri yang dilakukan oleh warga belajar, menetapkan tujuan belajar sendiri, mengidentifikasi sumber belajar dan memilih strategi pembelajaran yang mereka minati dan terakhir evaluasi hasil belajar yang artinya warga belajar harus mengevaluasi setiap proses belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi modus belajar mandiri yang dilakukan oleh warga belajar dalam program pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Al-Muttaqin telah dilaksanakan sesuai dengan rangkaian implementasi modus belajar mandiri melalui tiga tahapan penting yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan enam komponen pendukung yaitu inisiatif individu, mengidentifikasi kebutuhan belajar sendiri, menetapkan tujuan belajar sendiri, identifikasi sumber belajar, pemilihan strategi pembelajaran, evaluasi hasil belajar sendiri. Maka peneliti menemukan bahwa penerapan tiga tahapan penting telah dilakukan, akan tetapi di dalam tiga tahapan tersebut ada satu tahap yang belum dilaksanakan dengan maksimal yaitu tahap pemantauan dikarenakan terdapat kurangnya kesadaran warga belajar dalam mengawasi hasil belajar mereka. Namun peran tutor masih terlibat dalam kegiatan belajar mengajar untuk membantu dan mengupayakan hal-hal yang masih belum maksimal agar warga belajar mulai muncul akan kesadaran mengenai pengawasan hasil belajar mereka sendiri.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126763
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15364]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository