Show simple item record

dc.contributor.authorSYABILA, Syifania Annesta
dc.date.accessioned2025-06-25T02:10:47Z
dc.date.available2025-06-25T02:10:47Z
dc.date.issued2023-07-13
dc.identifier.nim191910601038en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126758
dc.descriptionValidasi_firli_20_Juni_25 Finalisasi oleh Taufik tgl 25 Juni 2025en_US
dc.description.abstractPerubahan iklim merupakan permasalahan penting yang berpengaruh besar terhadap keberlanjutan kehidupan manusia. Pasca peninjauan kembali target NDC 2030, Indonesia melakukan pengajuan Enhanced NDC ke Sekretariat UNFCCC. Pengajuan tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan target pengurangan emisi. Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor yang besar harus mengambil tindakan mitigasi perubahan iklim secara drastis pada sektor transportasi agar target NDC Indonesia dapat tercapai.Hal tersebut menjadi salah satu alasan perlunya dilakukan pengkajian dan inventarisasi jumlah emisi dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan mitigasi untuk penurunan emisi di Indonesia, sehingga skala penanganan yang diterapkan sesuai dengan kondisi emisi di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghitung estimasi emisi gas rumah kaca di Jalan Dhoho Kota Kediri yang dihasilkan dari kegiatan transportasi dan melakukan analisis terhadap pengetahuan dan kepedulian pengguna Jalan Dhoho Kota Kediri terhadap emisi gas rumah kaca. Penelitian dimulai dengan melakukan traffic counting di Jalan Dhoho Kota Kediri untuk menghitung volume kendaraan di Jalan Dhoho Kota Kediri. Traffic counting dilakukan selama 7 (tujuh) hari berturut – turut. Hasil dari traffic counting digunakan untuk menghitung estimasi emisi gas rumah kaca. Perhitungan estimasi emisi gas rumah kaca mengacu pedoman perhitungan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 12 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 73 Tahun 2017. Tahap selanjutnya adalah mendistribusikan kuesioner dengan target responden pengguna Jalan Dhoho Kota Kediri, khususnya pengendara kendaraan bermotor yang sedang atau pernah melewati Jalan Dhoho Kota Kediri. Kuesioner didistribusikan dengan metode Purposive Sampling. Analisis kuesioner dilakukan dengan menggunakan metode univariat dan software R-Studio dengan metode logistik, ordinal, dan multinomial. Berdasarkan hasil perhitungan estimasi emisi gas rumah kaca diketahui bahwa timbulan gas rumah kaca tertinggi terjadi pada hari Sabtu, yaitu sebesar 307,4 ton CO2eq/tahun, sedangkan jumlah emisi terendah ditimbulkan pada hari Selasa, yaitu sebesar 278,2 ton CO2eq/tahun. Hasil analisis kuesioner pengetahuan dan kepedulian pengguna jalan dengan metode univariat diketahui bahwa tingkat pengetahuan dan kepedulian pengguna Jalan Dhoho Kota Kediri secara umum tinggi. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan jumlah respon setuju pada pernyataan kuesioner kategori pengetahuan dan kepedulian lebih dari 50%.en_US
dc.description.sponsorshipAbdur Rohman, S.T., M.Agr., Ph.D. Dr. Ir. Yeny Dhokhikah, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectGAS RUMAH KACAen_US
dc.subjectPENGGUNA JALANen_US
dc.subjectLINGKUNGANen_US
dc.subjectIKLIMen_US
dc.titleInventarisasi Emisi Gas Rumah Kaca pada Tahun 2022 dan Analisis Perilaku Pengguna Jalan (Studi Kasus Jalan Dhoho Kota Kediri)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Lingkunganen_US
dc.identifier.pembimbing1Abdur Rohman, S,T., M.Agr., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ir, Yeny Dhokhikah, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_20_Juni_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record