• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Jaringan Sosial Petani dalam Meningkatkan Daya Saing Pemasaran Beras Organik di Kecamatan Candipuro

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_ADIBA FARIZA_200910302150_SOSIOLOGI.pdf (2.916Mb)
    Date
    2024-07-26
    Author
    FARIZA, Adiba
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Lumajang merupakan salah satu dari pengasil produksi pertanian yang besar di Indonesia. Dalam penelitian ini membahas tentang masyarakat petani Kabupaten Lumajang di Kecamatan Candipuro dengan salah satu kecamatan yang memproduksi dan memasarkan beras organik. Masyarakat petani beras organik di Kecamatan Candipuro merupakan petani yang baru memulai untuk memasarkan hasil produksi beras organiknya. Sebagai petani yang masih baru memasarkan hasil produksi beras organik mengalami beberapa kendala dalam prosesnya. Analisis dari permasalahan yang dihadapi petani beras organik, mereka membutuhkan adanya penunjang untuk meningkatkan pemasaran beras organik. Salah satu penunjang utama dalam meningkatkan pemasaran beras organik ialah dengan mengoptimalkan jaringan sosial yang dimiliki petani beras organik. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena ini ialah menggunakan teori jaringan sosial dari Mark Granovetter. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pada penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung ke petani beras organik, wawancara mendalam kepada informan primer dan sekunder, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial yang dimiliki petani beras organik dapat meningkatkan produksi maupun daya saing pemasaran beras organik di Kecamatan Candipuro. Dengan memanfaatkan jaringan sosial secara efektif, mereka mampu mengoptimalkan pemasaran beras organik serta menarik konsumen sekitar maupun luar kota untuk semakin sadar akan kualitas dan keberlanjutan produk pangan beras organik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126661
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository