Peran Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pendidikan di TK Arni Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah terhadap kualitas pendidikan di TK Arni Jember. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif berupa kata-kata lisan maupun tulisan dari subjek pelaku yang diamati dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan guru di TK Arni Jember. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas pendidikan di TK Arni Jember sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi kualitas pendidikan dan program kerja yang telah terlaksana dengan baik dari waktu ke waktu. Kepala sekolah selaku pemimpin selalu menjabarkan visi dan misi sekolah untuk mencapai target kualitas, melibatkan guru dan orang tua dalam pengambilan keputusan sekolah, selalu memberikan inovasi, motivasi dan semangat kerja kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan agar tetap semangat dalam mengerjakan tugas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di TK Arni Jember.