• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Antar Warung pada saat Upacara Larung Sesaji Satu Suro di Kawasan Wisata Telaga Ngebel

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Nur Fitriani_200910302022 (1023.Kb)
    Date
    2024-07-19
    Author
    FITRIANI, Dewi Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membahas terkait strategi pemasaran antar warung pada saat Upacara Larung Sesaji 1 Suro di kawasan wisata Telaga Ngebel. Penelitian ini dilakukan di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Adanya upacara larung sesaji menyebabkan lonjakan pengunjung yang signifikan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh warung-warung di Telaga Ngebel untuk bersaing dalam memasarkan dagangannya untuk memperoleh keuntungan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran antar warung pada saat Upacara Larung Sesaji 1 Suro di kawasan wisata Telaga Ngebel. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller, yaitu bauran pemasaran. Dalam teori ini terkenal dengan konsep 4P (Product, Price, Promotions, Place). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antar warung mempunyai strategi masing-masing dalam bersaing memasarkan produknya.. Pertama produk, tiap warung di sana memiliki produk unggulan, seperti kopi murni, jus buah, dan tempe buatan sendiri. Kedua harga, harga yang ditetapkan antar warung kurang lebih sama karena telah disepakati oleh paguyuban namun untuk menyiasatinya pemilik warung memberikan diskon untuk pelanggan. Ketiga promosi, promosi yang dilakukan antar warung ada yang berupa online dan konvensional. Keempat yaitu tempat, warung yang strategis karena dekat dengan spot foto favorit di telaga. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Persaingan Warung, Larung Sesaji
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126566
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository