• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Assessment Wordwall Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Wulandari_200210102082 (828.4Kb)
    Date
    2024-06-23
    Author
    WULANDARI, Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah ilmu yang terintegrasi dengan perilaku dan fenomena di alam (Kiswanto, 2022). Pembelajaran fisika membantu peserta didik menemukan konsep, pengetahuan, kecakapan ilmiah, dan keterampilan proses sains (Zaidah & Wijaya, 2021). Pendidikan berkembang ke arah positif akibat kemajuan teknologi yang sangat pesat (Effendi & Wahidy, 2019). Pemanfaatan ICT sangat digencarkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah (Hafizhah, 2021). Peranan teknologi sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran (Zaidah & Hudaidah, 2021). Motivasi belajar merupakan elemen penting dalam kegiatan belajar. Motivasi belajar juga mempengaruhi hasil belajar siswa (Nurmala & Naswan, 2020). Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi motivasi peserta didik (Susanti, 2020). Hasil belajar siswa menggambarkan tingkat kemampuan siswa setelah melalui kegiatan belajar dan ditentukan oleh faktor eksternal serta faktor internal (Syafaruddin et al., 2019). Proses penilaian penting dalam pembelajaran, memberikan umpan balik bagi peserta didik dan orang tua (Kemendikbudristek, 2022). Penggunaan aplikasi penilaian seperti wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik (Maryanti et al., 2022). Wordwall adalah media pembelajaran interaktif dengan fitur dan tampilan yang menarik serta sistem pengoreksian yang jelas (Shiddiq, 2021). Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dalam penilaian dapat mengatasi kekurangan penilaian kertas tes, meningkatkan motivasi belajar, dan hasil belajar siswa (Savira & Gunawan, 2022). Penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Rogojampi kali ini menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall pada penilaian menghasilkan nilai rata-rata yang lebih tinggi di kelas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126543
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository