• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Komik Numerasi Standar AKM Untuk Mengefektivkan Hasil Belajar Materi Bilangan di SD Negeri Randuagung 01 Kabupaten Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Siti Nur Faizah_190210204249.pdf (4.680Mb)
    Date
    2023-05-22
    Author
    FAIZAH, Siti Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Numerasi merupakan kompetensi mendasar yang harus dikuasai siswa. Menurut Kemendikbud (2021:4) bahwa PISA 2018 menyatakan prestasi dalam literasi matematika menduduki peringkat ke-74 dari 79 negara disurvei dengan skor 396, hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir, menalar dan berkomunikasi secara matematis masih rendah. Buku teks yang digunakan di materi pembelajaran bilangan di SD Negeri Randuagung 01 Kabupaten Lumajang masih tidak dikhususkan untuk numerasi standar AKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar komik numerasi standar AKM untuk Mengefektivkan hasil belajar materi bilangan dan mengetahui kevalidan, keefektivan dan kepraktisan bahan ajar komik numerasi standar AKM yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D dari Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, desain produk awal pengembangan, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba penggunaan, revisi pengembangan produk, dan uji efektivitas produk. Validitas bahan ajar memperoleh hasil 91,7 kategori sangat layak, yaitu efektifitasnya dibuktikan dari uji Independent Sample T-test untuk mendapatkan hasilnya (7,649 > 1,673), efektivitas relatif (ER) dengan hasil 51%, dan praktikalitas tes angket respon siswa dengan hasil 89,22% kategori sangat praktis menunjukkan respon positif. Disimpulkan bahwa kelas menggunakan materi komik numerasi standar AKM mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelas yang diajarkan menggunakan produk lama, dalam kisaran efektivitas sedang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126531
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository