Analisis Pelatihan Karyawan Pada PT. Kereta Api Indonesia Daop 9 Jember
Abstract
PT. Kereta Api Indonesia sebagai badan penyelenggara tunggal jasa angkutan kereta api, dituntut untuk menyelenggarakan pengangkutan yang memperhatikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan. Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan, bahkan dapat dikatakan bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Pelayanan yang maksimal merupakan dampak dari kinerja karyawan yang bekerja di dalam perusahaan. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan ialah dengan mengadakan pelatihan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan karyawan pada PT. KAI Daop 9 Jember. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan di PT. KAI Daop 9 Jember dinamakan dengan Diklap refreshing yang bertujuan untuk mengulang kembali mengenai materi yang telah didapatkan dari pelatihan di pusat (Diklat). Fokus pelatihan PT. KAI Daop 9 Jember adalah pengembangan kompetensi teknis guna mendukung kelancaran operasional perusahaan.