dc.contributor.author | FAIZATUNNISWAH | |
dc.date.accessioned | 2025-06-11T22:45:11Z | |
dc.date.available | 2025-06-11T22:45:11Z | |
dc.date.issued | 2023-07-13 | |
dc.identifier.nim | 192310101075 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126521 | |
dc.description | Validasi_firli_4_Juni_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 12 Juni 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Anak usia pra-sekolah merupakan anak dalam rentang usia 3-6 tahun yang
mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan fisik secara cepat. Pada usia
ini perkembangan anak menonjol pada aspek kemampuan fisik dan kognitifnya,
termasuk berkembangnya kemampuan motorik, kognitif, sosial, serta bahasa.
Adanya keterbatasan dan penyimpangan pada salah satu aspek perkembangan
anak berkaitan dengan penyimpangan aspek perkembangan lainnya. Salah satu
aspek perkembangan yang mempengaruhi konsentrasi aspek perkembangan
lainnya adalah perkembangan motorik kasar. Anak dengan perkembangan
motorik normal dapat bersosialisasi dan bermain dengan teman sebayanya,
dimana pada proses bersosialisasi tersebut juga akan melatih kemampuan
berbahasa dan berkomunikasi anak. Perkembangan motorik anak dibentuk melalui
kombinasi antara faktor lingkungan, fisiologis, dan faktor genetik. Salah satu
faktor lingkungan sebagai faktor utama yang berdampak pada perkembangan
motorik anak adalah pemberian stimulasi dari orang tua dalam lingkungan
keluarga. Pemberian stimulasi yang dimaksud adalah pemberian dorongan,
rangsangan, dan motivasi perkembangan dari orang tua untuk merangsang
kemampuan motor anak dilakukan secara konsisten, karena perkembangan fisik
motorik anak tidak dapat dikuasai hanya dengan satu kali pemberian stimulasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perkembangan motorik kasar
anak usia prasekolah, mengidentifikasi pemberian stimulasi perkembangan orang
tua, serta menganalisis signifikan hubungan, kekuatan hubungan dan arah
hubungan di antara stimulasi orang tua dengan perkembangan motorik kasar pada
anak usia prasekolah di wilayah pertanian Kecamatan Ajung. Penelitian ini
dilakukan pada bulan April-Mei 2023 dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif
yang dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Proses pengambilan sampel
dilakukan secara non-probability sampling atau non-acak dengan teknik total
sampling yang melibatkan seluruh populasi siswa/i di TK Miftahul Ulum 02
beserta orang tuanya sejumlah 74 responden. Proses pengambilan data dilakukan
dengan penyebaran angket kuesioner Home Observation for Measurement of the
Environment (HOME) inventory untuk mengukur stimulasi orang tua yang diisi
langsung oleh orang tua siswa/i serta observasi perkembangan motorik
kasarkepada siswa/i dengan lembar observasi Denver Developmental Screening
Test-II (DDST-II) yang dilakukan secara langsung oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden
memberikan stimulasi perkembangan yang sedang/cukup kepada anaknya, yaitu
sejumlah 45 responden (60,8%), sebanyak 21 responden (28,4%) memberikan
stimulasi baik/tinggi, dan sebanyak 8 responden (10,8%) memberikan stimulasi
yang rendah/kurang kepada anaknya. Pada perkembangan motorik kasar anak,
sebanyak 68 siswa/i (91,9%) menunjukkan perkembangan motorik kasar normal,
sebanyak 2 anak (2,7%) dicurigai mengalami keterlambatan perkembangan
motorik kasar atau suspect, dan sebanyak 4 siswa/i (5,4%) tidak dapat diuji
perkembangan motorik kasarnya atau untestable. Hasil analisis bivariat dengan
menggunakan uji Spearman Rank didapatkan hasil nilai signifikan atau Sig (2-
tailed) sebesar 0,001 (α <0,05) yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan diantara variabel stimulasi orang tua dengan perkembangan
motorik kasar. Tingkat kekuatan hubungan (correlation coefficient) menunjukkan
nilai sebesar 0,389, artinya tingkat kekuatan hubungan kedua variabel cukup
dengan arah hubungan yang positif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka
hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, yang artinya terdapat
hubungan yang signifikan di antara variabel stimulasi orang tua dengan variabel
perkembangan motorik kasar anak usia pra-sekolah. | en_US |
dc.description.sponsorship | Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes
Ira Rahmawati S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.An | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keperawatan | en_US |
dc.subject | PERKEMBANGAN ANAK | en_US |
dc.subject | PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR | en_US |
dc.subject | STIMULASI ORANG TUA | en_US |
dc.subject | PERAWATAN ANAK USIA PRASEKOLAH | en_US |
dc.title | Hubungan Stimulasi Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah pada Wilayah Pertanian di Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Keperawatan | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ira Rahmawati, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.An | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi_firli_4_Juni_25 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |