Show simple item record

dc.contributor.authorMUSYAROFAH, Tri Lailatul
dc.date.accessioned2025-06-11T03:36:08Z
dc.date.available2025-06-11T03:36:08Z
dc.date.issued2024-06-06
dc.identifier.nim200210102017en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126515
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran fisika memiliki artian ilmu dasar yang penting guna memahami, serta mempelajari lebih lanjut lainnya di berbagai bidang. Dalam pembelajaran fisika siswa sebagai pusat proses pembelajaran. Namun hingga kini, capaian pemahaman konsep fisika siswa masih banyak yang belum maksimal. Faktor yang melatar belakangi sulitnya siswa memahami materi fisika adalah kurangnya minat belajar, malas memerhatikan saat pembelajaran, dan malas belajar. Rendahnya konsep pemahaman fisika berdampak pada hasil belajar. Salah satu tindakan alternatif yang dapat diterapkan guna memaksimalkan hasil belajar fisika yakni dengan penggunaan model pembelajaran konstruktivisme salah satu contoh model pembelajaran konstruktivisme adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan sikap ilmiah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing fokus pada kegiatan siswa untuk dapat menemukan arti dari pembelajaran dengan melakukan kegiatan percobaan. Namun sebelum itu penting untuk memperhatikan fokus serta minat belajar siswa agar pembelajaran tidak berkesan terpaksa. Tujuan tersebut tentunya membutuhkan sebuah alat atau media untuk penyampaian agar siswa mudah memahami serta berfokus pada tujuan pembelajaran. Media aplikasi Google Slide merupakan tool presentasi online. Selain pengaksesan yang mudah, google slide ini juga bersifat inovatif. MAGS merupakan media yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena tampilannya yang menarik mampu untuk menarik minat siswa agar siswa tetap fokus serta tidak sedang berada dalam penekanan. Pemilihan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media aplikasi google slide ini merupakan salah satu dari berbagai model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fisika agar peserta didik lebih memahami konsep yang berlaku dalam materi serta pengaplikasiannya melalui praktikum sederhana yang ada di dalam langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Post-test Only Control group. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kraksaan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan data yaitu berupa wawancara kepada guru dan siswa, tes tulis, angket, observasi dan dokumentasi selama kegiatan berlangsung. Data yang diperoleh berupa nilai hasil belajar berdasarkan post-test dan sikap ilmiah siswa dari angket kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk nantinya diuji menggunakan SPSS 26. Hasil perhitungan data post-test hasil belajar siswa rata-rata kelas eksperimen sebesar 89 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 100, sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 80 dengan nilai terendah 13 dan nilai tertinggi 96. Uji normalitas di kedua kelas diperoleh tidak terdistribusi normal, sehingga analisis menggunakan uji Nonparametric test Mann-Whitney U dan diperoleh nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 (0,007<0,05) menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai MAGS terhadap hasil belajar siswa pada materi Optik di SMA dan (2) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai MAGS terhadap sikap ilmiah siswa pada materi Optik di SMA.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd DPA: Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Inkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectMateri Fisikaen_US
dc.subjectAlat Optiken_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Media Aplikasi Google Slide (MAGS) Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Alat Optik di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd., M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Mei 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record