Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia 3 Tahun (AN) di Desa Mayang Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.
Abstract
Perkembangan bahasa anak usia dini juga merupakan salah satu kecerdasan linguistik anak yang perlu
dikembangkan dalam segala hal dalam kemampuan berbicara dan berbahasa. Penelitian ini merupakan
kajian psikolinguistik yang lebih terfokus pada penelitian fonologi, morfologi dan sintaksis, karena
yang tampak menonjol pada subjek penelitian adalah kemampuan berbahasa berupa bunyi bahasa, kata
dan kalimat ketika diucapkannya. Penelitian ini membahas dua permasalahan, yakni; 1) kemampuan
berbahasa Indonesia anak usia 3 tahun khususnya pelafalan bunyi bahasa, kemampuan penggunaan
kosakata dalam berkalimat dan kemampuan pengucapan kalimat, 2) faktor yang mempengaruhi
penguasaan kosakata bahasa indonesia anak usia 3 tahun. teknik pengumpulan data dilakukan dengan
simak, pancing, dan wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat tiga hal dalam
kemampuan bahasa anak usia 3 tahun, yaitu kemampuan berbahasa subjek pada tataran fonologi,
kemampuan berbahasa subjek pada tataran morfologi, dan kemampuan berbahasa subjek pada tataran
sintaksis