• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pemasaran Syariah Produk Cicil Emas pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KCP Balung Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Selfi Kurniawati_190810102045 (1.922Mb)
    Date
    2023-07-18
    Author
    KURNIAWATI, Selfi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bank syariah merupakan bank yang berperan penting sebagai penyedia semua kegiatan ekonomi pada ekosistem industri halal. Peningkatan dan keberadaan industri perbankan syariah di Indonesia cukup signifikan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pada tanggal 01 Februari 2021 merupakan sejarah bergabungnya Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah menjadi satu entitas yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI). Penggabungan ketiga Bank Syariah tersebut untuk menyatukan kelebihan Bank tersebut sehingga akan menghadirkan layanan yang lebih lengkap, jangkauan yang lebih luas, dan memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik. Salah satu Bank Syariah Indonesia yang ada di Kabupaten Jember adalah BSI Kantor Cabang Pembantu Balung. BSI KCP Balung ini merupakan lembaga perbankan syariah yang dulunya adalah Bank Mandiri Syariah KCP Balung. BSI KCP Balung Jember dalam menyediakan pelayanannya kepada nasabahnya dalam bentuk funding (pendanaan) dan produk lending (pembiayaan). Salah satu produk pembiayaan pada BSI KCP Balung Jember adalah produk cicil emas. Produk cicil emas merupakan produk pendanaan kepemilikan emas dengan cara mencicil. Dengan adanya pembiayaan cicil emas yang disediakan oleh BSI akan membantu merencanakan kehidupan di masa mendatang dan juga sebagai investasi. Di zaman sekarang minat masyarakat akan investasi semakin tinggi. Investasi emas merupakan salah satu persiapan keuangan untuk menghadapi masa depan. Produk cicil emas ini memberikan suatu kemudahan bagi calon nasabah untuk berinvestasi dalam bentuk emas melalui pembiayaan bank dengan harga yang lebih relatif murah dibandingkan dengan di tempat lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan Bank Syariah Indonesia KCP Balung Jember dalam memasarkan produk cicil emas dan juga hambatan yang dihadapi. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Field research adalah penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti objek secara langsung objek ke lokasi penelitian yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang strategi pemasaran produk pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah KCP Balung Jember dalam strategi pemasaran produk cicil emasnya menggunakan strategi pemasaran yang telah sesuai dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam berdagang, seperti pendapat yang dikutip dari (Zainal, et al., 2007) yaitu terdapat enam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. diantaranya sebagai berikut; segmentasi pasar dan pembidikan pasar, strategi penentuan posisi (positioning), strategi produk, strategi tempat, strategi promosi, strategi penentuan harga. Untuk kendala atau hambatan yang dihadapi oleh BSI KCP Balung Jember dalam strategi pemasaran produk cicil emasnya yaitu mengalami kendala dari segi harga, dimana dari segi harga BSI KCP Balung Jember mengalami kendala karena minat nasabah mengenai harga emas yang naik turun tidak menentu, hal tersebut mempengaruhi minat nasabah dalam berinvestasi. Sedangkan dari segi tidak cukup modal dan pesaing BSI KCP Balung Jember sendiri tidak mengalami kendala atau hambatan yang mempengaruhi proses strategi pemasaran produk cicil emasnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126496
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12424]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository