Perubahan Konsep Tata Artistik pada Program Kiswah Interaktif Edisi Bulan Ramadan 2020 dan 2021 di TV9 Nusantara
Abstract
TV9 Nusantara merupakan televisi lokal yang memiliki muatan konten islami pada setiap programnya. Salah satu program unggulan TV9 Nusantara ialah Kiswah Interaktif. Program Kiswah Interaktif ialah program kajian Islam ahlussunnah wal jamaah yang dikemas dengan konsep talk show dengan para narasumber yang ahli di bidangnya secara benar, tuntas, dan toleran. Program Kiswah Interaktif edisi bulan Ramadan 2020 dan 2021 di TV9 Nusantara menarik untuk diteliti sebab pada program tersebut terjadi transisi konsep tata artistik yang berbeda. Tata artistik menjadi fokus utama karena termasuk dalam salah satu elemen pendukung yang menunjang tampilan visual dan media komunikasi yang dapat menyampaikan tema, serta sebagai daya tarik suatu program. Edisi bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang identik dengan ciri khas kegiatan islami yang lebih terasa dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.
Perubahan konsep tata artistik program Kiswah Interaktif edisi bulan Ramadan tahun 2020 dan 2021, memiliki tujuan utama untuk menganalisis dan mendeskripsikan perubahan konsep tata artistik beserta penyebabnya dengan menggunakan teori tata artistik. Teori tata artistik ialah salah satu unsur pendukung suatu program televisi yang menjadi media komunikasi tema suatu program. Peneliti berfokus pada elemen tata panggung, dekorasi, properti, dan setting beserta komposisi visual untuk menganalisis perubahan konsep tata artistik pada program Kiswah Interaktif edisi bulan Ramadan tahun 2020 dan 2021. Metode yang peneliti gunakan ialah deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan observasi dengan mengamati tayangan dan melakukan pencatatan perubahan pada program Kiswah Interaktif edisi bulan Ramadan tahun 2020 dan 2021. Pada tahap wawancara, peneliti melakukan tanya-jawab dengan manajer produksi dan produser Kiswah Interaktif tahun 2020 dan 2021 untuk mengetahui konsep tata artistik yang digunakan pada edisi bulan Ramadan beserta penyebab perubahannya. Peneliti juga melakukan studi pustaka dengan membaca literatur dan referensi yang berkaitan dengan perubahan tata artistik.
Hasil penelitian perubahan konsep tata artistik pada program Kiswah Interaktif edisi bulan Ramadan pada tahun 2020 dan 2021 adalah adanya perubahan konsep tata artistik lebih detail yang muncul pada tampilan konsep pengajian di masjid (2020) dan mengaji (2021). Perubahan yang terjadi pada tampilan edisi bulan Ramadan tahun 2020 dan 2021 dominan terlihat pada bagian dekorasi yang berjenis simbolis. Ciri khas yang muncul pada program Kiswah Interaktif edisi bulan Ramadan yang membedakan dengan bulan-bulan lainnya terletak pada narasi saat opening program dan jeda iklan.