Show simple item record

dc.contributor.authorDhaniar Fito Ardilas
dc.date.accessioned2013-12-24T08:12:41Z
dc.date.available2013-12-24T08:12:41Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM050910201171
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12648
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar potensi penerimaan pajak reklame di Kabupaten Banyuwangi. Berkaitan dengan otonomi daerah pemerintah pusat memberi kewenangan kepada daerah untuk memungut pajak dan retribusi daerah berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satunya Kabupaten Banyuwangi sebagai daerah otonom. Untuk merespon hal ini pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengupayakan sumber-sumber pembiayaan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penggalian sumber-sumber potensial dan perlu kreasi serta inovasi secara intensif oleh aparatur pemerintah kabupaten Banyuwangi. Seperti yang tercantum dalam Undang–undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Undang-undang ini merupakan pembaharuan dari undang-undang nomor 25 tahun 1999 tentang perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah. Namun menurut pendapat (Mardiasmo 2000 : 3) yang menyatakan bahwa di sisi penerimaan, kemampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan penerimaan daerahnya secara berkesinambungan masih lemah. Bahkan masalah yang sering muncul adalah rendahnya kemampuan pemerintah daerah untuk menghasilkan prediksi penerimaan daerah yang akurat, sehingga belum dapat dipungut secara optimal. Terkait pajak reklame di Kabupaten Banyuwangi yang mendasari penulis untuk membahasnya yaitu berdasarkan target PAD dan APBD kabupaten Banyuwangi sebagai bagian dari daerah otonom untuk menyelenggarakan pemerintahan sendiri dan menggali potensi daerah sesuai sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut undang- undang nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah. Salah satu poin pendapatan dari pajak daerah yang ingin dikaji penulis adalah sektor penerimaan pendapatan pajak reklame yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah kabupaten Banyuwangi serta menambah kesejahteraan masyarakatnya. Tujuan penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah. Adapun tujuan dimaksudkan agar penelitian mempunyai arah yang jelas dan tegas. Berkaitan dengan perumusan masalah di atas maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk menganalisis potensi penerimaan pajak daerah (Reklame) di Kabupaten Banyuwangi. Serta identifikasi pajak Reklame selama 6 (enam) tahun terakhir yakni dari tahun 2005 hingga tahun 2010.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050910201171;
dc.subjectpendapatan pajak reklameen_US
dc.titleANALISIS POTENSI PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record