ANALISIS POTENSI PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar potensi
penerimaan pajak reklame di Kabupaten Banyuwangi. Berkaitan dengan otonomi
daerah pemerintah pusat memberi kewenangan kepada daerah untuk memungut pajak
dan retribusi daerah berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah
satunya Kabupaten Banyuwangi sebagai daerah otonom. Untuk merespon hal ini
pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengupayakan sumber-sumber pembiayaan
untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penggalian sumber-sumber
potensial dan perlu kreasi serta inovasi secara intensif oleh aparatur pemerintah
kabupaten Banyuwangi. Seperti yang tercantum dalam Undang–undang Nomor 34
Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
Undang-undang ini merupakan pembaharuan dari undang-undang nomor 25 tahun
1999 tentang perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah.
Namun menurut pendapat (Mardiasmo 2000 : 3) yang menyatakan bahwa di
sisi penerimaan, kemampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan penerimaan
daerahnya secara berkesinambungan masih lemah. Bahkan masalah yang sering
muncul adalah rendahnya kemampuan pemerintah daerah untuk menghasilkan
prediksi penerimaan daerah yang akurat, sehingga belum dapat dipungut secara
optimal. Terkait pajak reklame di Kabupaten Banyuwangi yang mendasari penulis
untuk membahasnya yaitu berdasarkan target PAD dan APBD kabupaten Banyuwangi
sebagai bagian dari daerah otonom untuk menyelenggarakan pemerintahan sendiri
dan menggali potensi daerah sesuai sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia
menurut undang- undang nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.
Salah satu poin pendapatan dari pajak daerah yang ingin dikaji penulis adalah
sektor penerimaan pendapatan pajak reklame yang diharapkan mampu meningkatkan
pendapatan daerah kabupaten Banyuwangi serta menambah kesejahteraan
masyarakatnya. Tujuan penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah. Adapun
tujuan dimaksudkan agar penelitian mempunyai arah yang jelas dan tegas. Berkaitan
dengan perumusan masalah di atas maka tujuan penelitian yang hendak dicapai
adalah untuk menganalisis potensi penerimaan pajak daerah (Reklame) di Kabupaten
Banyuwangi. Serta identifikasi pajak Reklame selama 6 (enam) tahun terakhir yakni
dari tahun 2005 hingga tahun 2010.