• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation pada Materi Tekanan Zat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Meldi Putri Utami_190210104010 (7.909Mb)
    Date
    2023-06-21
    Author
    UTAMI, Meldi Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidik pada abad 21 diharapkan menjadi pendidik cakap yang dapat memaknai sekaligus dan menjadi fasilitator perubahan kualitas pembelajaran di sekolah. Keterampilan yang harus dikembangkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disebut 4C yaitu Communication, Creativity, Collaborative, dan Critical thinking. Potensi siswa memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dapat ditingkatkan dengan keterampilan berpikir kritis. Siswa yang mampu berpikir kritis dapat menganalisis pemikiran mereka untuk memastikan keputusan yang dibuat dan dapat menarik kesimpulan dengan tepat. Berdasarkan hasil studi PISA tersebut siswa indonesia dinyatakan memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. Hasil wawancara peneliti dengan guru IPA di SMPN 3 Jember juga mendukung pendapat bahwa banyak siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah, hal ini dapat dilihat dari cara siswa menjawab pertanyaan yang diberikan untuk mengkaji materi, siswa cenderung menjelaskan kalimat yang hampir sama dengan sumber buku yang digunakan, dan pada setelah pembelajaran siswa belum mampu merumuskan materi yang dipelajari terutama pada bab yang cukup kompleks seperti tekanan zat. Alternatif pembelajaran yang bisa dilakukan sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik seperti penggunaan media pembelajaran berbasis PhET Simulation. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis PhET Simulation pada materi tekanan zat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian kuantitatif ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel yaitu kelas VIIIF sebagai kelas kontrol dan VIIIG sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis berupa pretest dan postest, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pretest-posttest pada kedua kelas dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan dilanjutkan uji t-pihak kanan. Uji Independent Sample T-Test dapat dilakukan apabila syarat uji homogenitas dan uji normalitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan taraf signifikansi pada uji t sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest antara kelas kontrol dan eksperimen. Pencapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis kedua kelas, Persentase tertinggi terletak pada indikator interpretasi yaitu sebesar 72.50% pada kelas kontrol dan 88% pada kelas eksperimen. Untuk persentase terendah terletak pada indikator evaluasi yaitu sebesar 46.25% pada kelas kontrol, dan 62.50% pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis PhET Simulation pada materi tekanan zat berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126469
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository