Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan SDN PUJERBARU 2 Bondowoso
Abstract
Penelitian ini berencana agar lebih mengembangkan hasil belajar untuk siswa kelas 5 SD
dengan materi tema udara bersih bagi kesehatan. Jenis penelitian menggunakan PTK sebanyak 2 siklus.
Menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian kelas 5 berjumlah 21 siswa tahun ajaran
2022/2023 pada semester genap. Metode pengumpulan informasi memakai soal tes objektif. Hasil
tindakan memperlihatkan ada peningkatan hasil belajar setelah kegiatan siklus. Dapat diamati dari hasil
belajar prasiklus yaitu terdapat 1 atau 4,77% siswa tuntas dan 20 atau 95,23 siswa belum tuntas dalam
hasil belajarnya dengan rata-rata nilai sebesar 62,04. Pada kegiatan siklus I terjadi peningkatan yaitu
terdapat 8 atau 38,09% siswa tuntas dan 13 atau 61,90 siswa belum tuntas dalam hasil belajarnya dengan
kkm sebesar 66,33. Kemudian, dengan kegiatan siklus II terjadi peningkatan yaitu terdapat 15 atau 71,42
siswa tuntas dan 6 atau 28,57 siswa belum tuntas dalam hasil belajarnya dengan kkm sebesar 72,71 pada
kkm kelas V sebesar ≥70. Dari hasil tindakan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.