Pengembangan Media Pembelajaran Peta Budaya Berbahan Alam pada Mata Pelajaran IPAS Bab Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV SDN Dukuhdempok 01 Jember
Abstract
Permasalahan dunia pendidikan di sekolah dasar salah satunya yaitu terbatasnya media pembelajaran yang dapat menarik minat dan antusias belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran peta budaya berbahan alam pada mata pelajaran IPAS bab Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV khususnya di SDN Dukuhdempok 01 Jember. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Dukuhdempok 01 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, validasi, tes, dan angket. Kevalidan media dilihat dari hasil validasi yang memperoleh skor 96,59 dengan kategori sangat layak. Keefektifan dilihat dari hasil keefektifan relatif yang memperoleh skor 61% dengan kategori keefektifan tinggi. Sedangkan kepraktisan dilihat dari skor angket siswa yang memperoleh skor 95,93 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media peta budaya berbahan alam memenuhi kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.