• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Pembelajaran Guru Senior di TK Dhama Wanita Kebonsari Kecamatan Yosowilngun Kabupaten Lumajang Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Upload repository Lola.pdf (679.0Kb)
    Date
    2023-10-06
    Author
    AYESA, Lola
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di TK Dharma Wanita Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, terdapat satu guru yang memiliki usia 58 tahun dan memiliki pengalaman mengajar selama 36 tahun. Guru tersebut masih memiliki semangat tinggi yang termotivasi dari dirinya sendiri karena beliau merasa dirinya sudah akrab dengan anak-anak dan dengan kegiatan pembelajaran beliau bisa menumbuhkan rasa semangat tersebut untuk mencerdaskan anak-anak meskipun menjelang masa pensiun. Hal ini menarik untuk diteliti untuk menggali lebih banyak informasi bagaimana kinerja pembelajaran guru senior atau guru yang memiliki usia lebih tua atau mendekati masa pensiun masih harus bekerja sesuai dengan tuntutan guru yang memiliki usia yang lebih muda atau secara umum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan 3 metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah guru senior mampu membuat RPPH sendiri sesuai dengan tema pembelajaran, mampu menyiapkan alat dan bahan, mampu menciptakan pembelajaran aktif dengan kegiatan di luar kelas, membuat karya, mewarnai, menempel dan lainnya. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru senior membuat penilaian ceklist dan penilaian hasil karya. Kendala dari guru senior adalah guru senior tidak paham tentang penggunaan Microsoft words. Sehingga dalam pengetikan LCPA guru senior meminta tolong kepada anaknya. Hasil dari pengawasan pembelajaran oleh Kepala Sekolah kepada guru senior adalah pembiasaan awal sudah terlaksana, persiapan KBM belum maksimal, tempo suara terlalu cepat disampaikan ke anak, kegiatan sudah sesuai RPPH, dan interaksi dengan anak baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126430
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository