• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengendalian Kualitas Paving Block dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) dan Failure Mode Effect Analysis (Fmea) pada UD. Hakiki Batako & Paving

    Thumbnail
    View/Open
    MOH. NAUFAL ALIN_160810201235 (1.228Mb)
    Date
    2023-06-30
    Author
    ALIN, Moh. Naufal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pertumbuhan sektor properti di Indonesia menunjukkan pemulihan signifikan pasca pandemi COVID-19, mendorong peningkatan permintaan produk konstruksi seperti paving block. Penelitian ini menganalisis tingkat kecacatan produk dan faktor penyebabnya pada UD Hakiki Batako & Paving, sebuah produsen paving block. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi apakah tingkat produk cacat masih dalam batas toleransi serta mengidentifikasi faktor dominan yang memengaruhi kualitas produksi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Simple Random Sampling terhadap 200 sampel paving block harian. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder meliputi catatan perusahaan dan struktur organisasi. Analisis dilakukan dengan peta kendali P (p-chart) untuk mengukur variasi kecacatan, diagram sebab-akibat (Fishbone Diagram) untuk mengidentifikasi faktor penyebab, dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menentukan prioritas perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecacatan produk masih dalam batas kendali, dengan peta kendali P berada di antara Upper Control Limit (UCL) dan Lower Control Limit (LCL). Analisis Fishbone Diagram mengungkapkan bahwa faktor manusia (pekerja) dan lingkungan merupakan penyebab dominan kecacatan. Sementara itu, FMEA menunjukkan bahwa kurangnya kehati-hatian pekerja dalam mengangkut paving block menjadi risiko utama dengan Risk Priority Number (RPN) tertinggi (392). Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan pelatihan pekerja dan optimalisasi kondisi lingkungan produksi untuk meminimalkan kecacatan. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi industri serupa dalam meningkatkan kualitas produksi melalui pendekatan manajemen risiko.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126399
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12424]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository