• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Project Based Learning untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Statistika pada Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 1 Gendoh Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI (WINDA YULIA DEVI).pdf (3.913Mb)
    Date
    2023-10-20
    Author
    DEVI, Winda Yulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis project based learning, serta kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari LKPD berbasis project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall, yang memiliki 10 tahap dalam penelitiannya. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-8, karena pada tahap tersebut rumusan dan tujuan penelitian telah terjawab. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Gendoh dengan jumlah 56 peserta didik dari kelas VA dan kelas VB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, hasil belajar peserta didik, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis project based learning telah layak, valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kevalidan diperoleh berdasarkan hasil validasi kepada tiga validator ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi yang mendapatkan nilai sebesar 92,2 dengan kategori sangat layak. Keefektifan diperoleh dari nilai hasil belajar peserta didik dengan memperoleh nila keefektifan relatif (ER) sebesar 63,2% dengan kategori tinggi. Kepraktisan dilihat berdasarkan respon peserta didik terhadap LKPD yang menyatakan bahwa LKPD mudah dan jelas untuk dipahami, serta hasil perhitungan angket respon peserta didik yang mendapatkan skor sebesar 87,56% dengan kategori sangat efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126394
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository