Pengaruh Dompet Digital dan Cashback Terhadap Keputusan Penggunaan Shopeepay (Studi Kasus pada Masyarakat Pengguna ShopeePay di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemudahan Dompet Digital dan Cashback Terhadap Keputusan Penggunaan Shopeepay pada Masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Sumbersari dengan sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 25,0. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa kedua hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi menunjukkan hasil 0,765 yang artinya kontribusi kemudahan dompet digital dan cashback terhadap keputusan penggunaan Shopeepay sebesar 76,5% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. hasil penelitian tersebut diketahui bahwa Kemudahan Dompet Digital dan Cashback berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Shopeepay secara parsial maupun simultan.