Pendampingan Belajar Orang Tua Pada Anak Adiksi Gadget (Studi Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Sumberkolak Kabupaten Situbondo)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pendampingan belajar orang tua dan adiksi gadget pada anak usia Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan pada 3 keluarga di Desa Sumberkolak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pendampingan belajar orang tua pada anak adiksi gadget
dibingkai dengan teori Kontrol Sosial yang dikemukakan oleh Travis Hirschi. Pada komponen attachment, orang tua kurang memberikan afeksi kepada anak. Pada komponen commitment, anak menyadari tanggung jawab sebagai siswa Sekolah Dasar
dan perlu adanya dukungan dari orang tua. Dalam komponen involvement, kegiatan yang rutin diikuti oleh anak adalah mengaji di langgar dan TPQ. Dan pada komponen belive, perilaku anggota keluarga memicu tindak penyimpangan penggunaan gadget
pada anak. Adiksi gadget sebagai sebab dari intensitas anak dengan gadget di masa Pandemi. Dan menimbulkan perubahan sikap seperti pemarah, membangkang, mudah bosan dan merusak harta benda sekitar. Fenomena ini juga dipicu oleh lingkungan yang mengalami adiksi gadget dan rendahnya peran orang tua.