Show simple item record

dc.contributor.authorPRAMUDITA, Andini Ike Budi
dc.date.accessioned2025-05-08T02:35:30Z
dc.date.available2025-05-08T02:35:30Z
dc.date.issued2024-07-24
dc.identifier.nim202410101035en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126288
dc.description.abstractPlatform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform pembelajaran online untuk guru yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam pelaksanaannya, PMM menghadapi tantangan dalam adopsinya, termasuk kelemahan dalam kualitas konten, kualitas layanan, dan keterbatasan keterampilan TIK guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pasca-adopsi PMM di Kabupaten Jember, dengan fokus pada perspektif guru sekolah menengah pertama, untuk memahami penggunaan PMM dan dampaknya setelah adopsi melalui integrasi model ISSM dan TAM yang melibatkan konstruk yang mempengaruhi efektivitas platform pembelajaran online, yaitu educational system quality dan learner quality, sehingga keseluruhan konstruk yang digunakan adalah system quality, information quality, service quality, educational system quality, learner quality, perceived usefulness, satisfaction, use, dan benefits. Berdasarkan model yang diusulkan, dilakukan uji model fit terhadap konstruksi model pasca adopsi PMM dan uji hipotesis berbasis teori melalui pemodelan persamaan struktural menggunakan data empiris yang dikumpulkan melalui kuesioner survei dari 264 guru sekolah menengah pertama dari tiga kecamatan di Kabupaten Jember menunjukkan temuan bahwa model yang digunakan memiliki tingkat kesesuaian yang baik dan 20 hipotesis yang diusulkan diketahui 13 diterima dan 7 ditolak, di mana kepuasan guru, persepsi kegunaan, dan penggunaan sistem merupakan prediktor utama dari dampak yang mereka rasakan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pemangku kepentingan PMM untuk memastikan penggunaan PMM yang efektif dan sukses yang berdampak positif pada pembelajaran guru dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka.en_US
dc.description.sponsorshipBeny Prasetyo, S.Kom., M.Kom Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSIen_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectMerdeka Mengajar Platformen_US
dc.subjectISSMen_US
dc.subjectTAMen_US
dc.titleKonstruksi Model Pasca Adopsi Platform Merdeka Mengajar pada Perspektif Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Beny Prasetyo, S.Kom., M.Komen_US
dc.identifier.pembimbing2Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSIen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Maret 2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_05_tanggal 08en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record