dc.contributor.author | FIRDAUSI, Yasmin Afifah | |
dc.date.accessioned | 2025-05-08T01:58:27Z | |
dc.date.available | 2025-05-08T01:58:27Z | |
dc.date.issued | 2024-06-27 | |
dc.identifier.nim | 200210402127 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126278 | |
dc.description | Buku ajar berperan penting sebagai sarana pendukung dan sarana berlatih akademik bagi peserta didik. Jika peserta didik menggunakan buku ajar berkualitas baik, maka ia dapat memanfaatkan peran tersebut untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Terdapat parameter yang digunakan sebagai acuan penulis dan penerbit untuk mengukur kualitas buku ajar, diantaranya adalah standar isi dan standar bahasa. Meskipun parameter tersebut digunakan sebaik mungkin, tak dapat dipungkiri bahwa hipotesis mengenai ketidaksempurnaan selalu ada, termasuk kemungkinan adanya kesalahan dari tim penulis dan penerbit dalam menyusun buku ajar. Atas pertimbangan tersebut, peneliti menginginkan peninjauan ulang terhadap kelayakan isi dan bahasa buku ajar bahasa Indonesia tingkat lanjut kelas XI kurikulum merdeka terbitan Kemendikbud. Landasan teori pada penelitian ini didasarkan pada kebijakan Badan Standar Kurikulum Asesmen Pendidikan (BSKAP). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian ini adalah substansi materi dan kebahasaan buku ajar bahasa Indonesia tingkat lanjut. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kelayakan isi dan bahasa buku ajar terdapat 6 komponen yang memiliki penilaian berbeda-beda. Komponen moralitas, sinkronisasi, validitas, dan perjenjangan buku ajar dinilai sangat baik. Sementara itu, komponen visibilitas dan komponen penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dinilai kurang baik. Dalam artian, secara keseluruhan, data yang ditemukan menunjukkan bahwa materi dan bahan bacaan sudah disusun sangat baik namun kurang terpadu dan kurang memperhatikan tata bahasa penulisan. Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar bahasa Indonesia tingkat lanjut terbitan Kemendikbud memiliki kualitas yang baik dengan catatan perlu meningkatkan kualitas visibilitas materi dan perlu perbaikan di bagian tata bahasa penulisan. | en_US |
dc.description.abstract | Textbooks play an important role as a supporting tool and means of academic
practice for students. If students use good quality textbooks, then they can take
advantage of this role to get maximum learning results. There are parameters used
as a reference for authors and publishers to measure the quality of textbooks,
including content standards and language standards. Although these parameters
are used as well as possible, it cannot be denied that hypotheses about
imperfections always exist, including the possibility of errors from the team of
writers and publishers in compiling textbooks. For these considerations, the
researcher wants to review the feasibility of the content and language of advanced
Indonesian language textbooks for class XI of the independent curriculum
published by Kemendikbud The theoretical basis used is the policy of the Education
Assessment Curriculum Standards Agency (BSKAP). This research includes
qualitative research with descriptive analysis. The data of this research is the
material substance and language of advanced Indonesian language textbooks. This
research uses documentation and purposive sampling techniques. Based on the
results of research on the feasibility of content and language of textbooks, there are
6 components that have different assessments. The components of morality,
synchronization, validity, and leveling of coursebooks are considered very good.
Meanwhile, the visibility component and the component of using good and correct
Indonesian language are rated less well. In a sense, overall, the data found shows
that the materials and reading materials have been organized very well but are less
integrated and pay less attention to writing grammar. Thus, this study can be
concluded that advanced Indonesian language textbooks published by
Kemendikbud have good quality with a note that it is necessary to improve the
quality of the visibility of the material and needs improvement in the grammar of
writing. | en_US |
dc.publisher | Fakulty of Teacher Training and Education | en_US |
dc.subject | content feasibility | en_US |
dc.subject | language feasibility | en_US |
dc.subject | textbook quality | en_US |
dc.title | Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas XI Kurikulum Merdeka Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Indonesian Language and Literature Education | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Anita Widjajanti, S.S., M.Hum | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_April 2025 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2025_05_tanggal 08 | en_US |