Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif pada TikTok Shop Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Perkembangan tren media sosial serta perubahan perilaku konsumen yang
terjadi membuat masyarakat beralih dari e-commerce menjadi social commerce.
Perkembangan tersebut membawa dampak pada perubahan fitur-fitur di berbagai
aplikasi media sosial. Masyarakat banyak memanfaatkan TikTok dalam segala
aktivitas, salah satunya aktivitas jual beli. Adanya kemudahan yang dirasakan oleh
masyarakat dalam menggunakan TikTok Shop dapat merangsang timbulnya
stimulus yang kuat pada diri seseorang. Fenomena itulah yang kemudian
menimbulkan berbagai perilaku konsumen, seperti perilaku pembelian impulsif.
Adapun faktor internal dan eksternal yang menyebabkan perilaku pembelian
impulsif yaitu, motivasi belanja hedonis dan flash sale, serta terdapat variabel emosi
positif yang memediasi.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan menguji mengenai
pengaruh motivasi belanja hedonis dan flash sale terhadap pembelian impulsif pada
TikTok Shop dengan menggunakan emosi positif sebagai variabel yang memediasi.
Objek yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsumen di TikTok Shop. Ukuran
sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 245 responden dari konsumen
di TikTok Shop yang pernah melakukan pembelian tidak terencana dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu
penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan melalui
survei daring berupa pengisian kuesioner yang tersedia pada google form. Adapun
metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Partial Least
Square (PLS) yang diolah melalui SmartPLS 4.0.
Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu motivasi belanja
hedonis berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, flash sale berpengaruh
terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap pembelian
impulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap pembelian
impulsif, flash sale tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif,
motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang dimediasi
oleh emosi positif, dan flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian
impulsif yang dimediasi oleh emosi positif.