• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif pada TikTok Shop Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI FINAL_ZATIL AQMAR MAULIDYA.pdf (1.686Mb)
    Date
    2023-07-20
    Author
    MAULIDYA, Zatil Aqmar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan tren media sosial serta perubahan perilaku konsumen yang terjadi membuat masyarakat beralih dari e-commerce menjadi social commerce. Perkembangan tersebut membawa dampak pada perubahan fitur-fitur di berbagai aplikasi media sosial. Masyarakat banyak memanfaatkan TikTok dalam segala aktivitas, salah satunya aktivitas jual beli. Adanya kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat dalam menggunakan TikTok Shop dapat merangsang timbulnya stimulus yang kuat pada diri seseorang. Fenomena itulah yang kemudian menimbulkan berbagai perilaku konsumen, seperti perilaku pembelian impulsif. Adapun faktor internal dan eksternal yang menyebabkan perilaku pembelian impulsif yaitu, motivasi belanja hedonis dan flash sale, serta terdapat variabel emosi positif yang memediasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan menguji mengenai pengaruh motivasi belanja hedonis dan flash sale terhadap pembelian impulsif pada TikTok Shop dengan menggunakan emosi positif sebagai variabel yang memediasi. Objek yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsumen di TikTok Shop. Ukuran sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 245 responden dari konsumen di TikTok Shop yang pernah melakukan pembelian tidak terencana dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan melalui survei daring berupa pengisian kuesioner yang tersedia pada google form. Adapun metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Partial Least Square (PLS) yang diolah melalui SmartPLS 4.0. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, flash sale berpengaruh terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, flash sale tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif, dan flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126273
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository