Internalisasi Budaya Populer Korea pada Komunitas Penggemar di Indonesia
Abstract
Di era globalisasi, Korea Selatan memanfaatkan perkembangan fenomena budaya populer sebagai kekuatan negara yang dikenal dengan nama Korean Wave. Hadirnya Korean Wave mampu menarik perhatian masyarakat dan menciptakan adanya komunitas penggemar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi budaya Korea pada komunitas penggemar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori internalisasi dengan tiga konsep yang terdiri dari konsep budaya, konsep budaya populer, dan konsep budaya populer Korea. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sehingga diperlukan wawancara terhadap informan. Informan dalam penelitian ini adalah komunitas penggemar sebagai aktor lokal yang mengalami fenomena yang sedang diteliti. Berdasarkan teori, konsep dan metode yang digunakan, minat terhadap budaya populer Korea atau Korean Wave di kalangan komunitas penggemar di Indonesia melalui empat tahap hingga akhirnya terjadi internalisasi atau penerimaan budaya global yang mampu berdampingan dengan budaya lokal.
Kata kunci: internalisasi, budaya populer Korea, komunitas penggemar Indonesia