Pengaruh Metode Permainan Tradisional Jamuran Terhadap Perkembangan Sosial Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh perkembangan sosial anak kelompok A1 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember melalui metode permainan tradisional jamuran dengan latar belakang perkembangan sosial pada anak kelompok A yang masih terbilang belum optimal. Hal ini ditunjukkan pada salah satu anak yang kurang memiliki keinginan dalam berinteraksi sosial atau berbaur dengan temannya seperti bermain bersama, maupun berkomunikasi. Metode dalam penelitian ini berupa metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif Single Subject Research (SSR) dengan desain reversal A-B-A. Populasi penelitian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember yaitu anak kelompok A. Dan subjek dalam penelitian ini adalah 1 anak pada kelompok A1. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pada permainan tradisional jamuran terhadap perkembangan sosial anak kelompok A1 yang di tunjukkan dengan hasil hitung persentase overlap (data tumpang tindih) yang memiliki hasil 0% pada ketiga kondisi yang dapat dilihat melalui data persentase overlap antar kondisi baseline-1 (A1) dengan kondisi intervensi (B) tidak mengalami tumpang tindih atau (0%). Begitu juga dengan kondisi intervensi (B) dengan kondisi baseline-2 (A2) juga tidak terjadi overlap (0%).
Kata kunci : Permainan tradisional jamuran, Perkembangan sosial.