• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Pelayanan Kesehatan Gethuk Rindu di UPTD Puskesmas Patrang Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    TUGAS AKHIR_Trofimus Sule'_200910201092.pdf (1.153Mb)
    Date
    2024-07-10
    Author
    SULE, Trofimus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang sangat dibutuhkan dan menjadi kebutuhan dasar bagi setiap warga negara selain sandang, pangan, dan pendidikan. Dalam hal ini, pemerintah sebagai penyedia layanan wajib memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat secara menyeluruh dan seadil-adilnya. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah dengan membuat inovasi pelayanan pada sebuah instansi kesehatan. UPTD Puskesmas Patrang menjadi salah satu instansi bidang kesehatan yang menyelenggarakan inovasi pelayanan kesehatan yaang bernama GETHUK RINDU. Inovasi pelayanan kesehatan GETHUK RINDU merupakan sebuah wadah bagi ASN/para pekerja di wilayah kerja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember untuk dapat menerima langsung pelayanan terkait penanggulangan dan pencegahan penyakit tidak menular (PTM). Pelaksanaan inovasi ini secara langsung dilakukan pada instansi ASN bekerja karena waktu kerja ASN terbilang penuh sehingga secara efisiensi untuk dapat melakukan pemeriksaan PTM, Aparatur Sipil Negara tidak perlu untuk datang lagi ke puskesmas. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang inovasi pelayanan kesehatan GETHUK RINDU yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Patrang sebagai sebuah inovasi dalam bidang kesehatan. Penelitian tugas akhir ini, menggunakan pendekatan atribut inovasi oleh Rogers M. Everett, yang mana terdapat lima karakteristik dari sebuah inovasi, yakni: keuntungan relative (relative advantage); kesesuaian (compability); kerumitan (complexity); kemungkinan dicoba (triability) dan kemudahan diamati (observability). Hasil temuan di lapangan diperoleh bahwa inovasi pelayanan kesehatan GETHUK RINDU yang dilakukan UPTD Puskesmas Patrang memenuhi karakteristik dari sebuah inovasi yang baik menurut Rogers M. Everett. Hal ini bisa diamati indikator-indikator dari setiap variabel atribut inovasi yang telah terpenuhi secara keseluruhan. Metodologi Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokus penelitian pada UPTD Pukesmas Patrang Kabupaten Jember Namun, pada pelaksanaan inovasi ini ditemukan beberapa kendala seperti kekurangan alat pemeriksaan PTM; kolestrol dan asam urat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126233
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository