Hubungan Antara Persentase Kehadiran Pada Anak Kelompok A dengan Perkembangan Bahasa di TK Dharma Wanita Pakusari Jember
Abstract
Pendidikan sejak usia dini adalah landasan bagi anak dan memegang peranan
penting dalam menentukan perkembangannya di masa depan. Bahkan sejak usia
dini, anak sudah mempunyai banyak potensi dan tumbuh kembangnya sangat
pesat. Aspek-aspek pada perkembangan anak terdiri atas aspek agama moral,
bahasa, kognitif, sosial, emosional, fisik, motorik, serta seni. Bahasa berperan
penting dalam membangun hubungan karena membantu anak bersosialisasi
dengan orang sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
antara persentase kehadiran anak kelompok A dengan perkembangan bahasa di
TK Dharma Wanita Pakusari Jember. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan jeneis penelitian korelasional. Dari hasil yang
penelitian yang sudah dilakukan, terdapat korelasi atau hubungan positif antara
kehadiran anak dengan perkembangan bahasanya. Adanya tingkat kehadiran anak
yang tinggi akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan
bahasa. Dalam artian tingkat kehadiran anak yang tinggi akan dapat menghasilkan
perkembangan bahasa yang optimal. Hal ini ditunjukkan dari yang sudah diteliti,
bahwa anak yang sering hadir atau datang ke sekolah, perkembangan bahasanya
baik. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa
tingkat kehadiran siswa kelompok A di TK Dharma Wanita Pakusari Jember
sebesar 96,68%. Nilai rata-rata perkembangan bahasa sebesar 17,36 yang
tergolong berkembang sangat baik. Maka dapat disimpulkan terdapat korelasi
antara tingkat kehadiran siswa dengan perkembangan bahasa kelompok A di TK
Dharma Wanita Pakusari Jember sebesar 0,453 yang menunjukkan bahwa r hitung
lebih besar daripada r tabel (0,294). Artinya kenaikan variabel X (tingkat
kehadiran) diimbangi oleh variabel Y (perkembangan bahasa), begitupun
sebaliknya penurunan variabel X diimbangi penurunan variabel Y.