• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Persentase Kehadiran Pada Anak Kelompok A dengan Perkembangan Bahasa di TK Dharma Wanita Pakusari Jember

    Thumbnail
    View/Open
    HUBUNGAN ANTARA PERSENTASE KEHADIRAN PADA ANAK KELOMPOK A DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA DI TK DHARMA WANITA PAKUSARI JEMBER (1.074Mb)
    Date
    2024-07-26
    Author
    SAFITRI, Nadilla Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan sejak usia dini adalah landasan bagi anak dan memegang peranan penting dalam menentukan perkembangannya di masa depan. Bahkan sejak usia dini, anak sudah mempunyai banyak potensi dan tumbuh kembangnya sangat pesat. Aspek-aspek pada perkembangan anak terdiri atas aspek agama moral, bahasa, kognitif, sosial, emosional, fisik, motorik, serta seni. Bahasa berperan penting dalam membangun hubungan karena membantu anak bersosialisasi dengan orang sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persentase kehadiran anak kelompok A dengan perkembangan bahasa di TK Dharma Wanita Pakusari Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jeneis penelitian korelasional. Dari hasil yang penelitian yang sudah dilakukan, terdapat korelasi atau hubungan positif antara kehadiran anak dengan perkembangan bahasanya. Adanya tingkat kehadiran anak yang tinggi akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan bahasa. Dalam artian tingkat kehadiran anak yang tinggi akan dapat menghasilkan perkembangan bahasa yang optimal. Hal ini ditunjukkan dari yang sudah diteliti, bahwa anak yang sering hadir atau datang ke sekolah, perkembangan bahasanya baik. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kehadiran siswa kelompok A di TK Dharma Wanita Pakusari Jember sebesar 96,68%. Nilai rata-rata perkembangan bahasa sebesar 17,36 yang tergolong berkembang sangat baik. Maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara tingkat kehadiran siswa dengan perkembangan bahasa kelompok A di TK Dharma Wanita Pakusari Jember sebesar 0,453 yang menunjukkan bahwa r hitung lebih besar daripada r tabel (0,294). Artinya kenaikan variabel X (tingkat kehadiran) diimbangi oleh variabel Y (perkembangan bahasa), begitupun sebaliknya penurunan variabel X diimbangi penurunan variabel Y.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126215
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository