Pengaruh Celebrity Endorsement dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Diperkuat Word of Mouth Minuman MENANTEA
Abstract
Minuman di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kebutuhan konsumen tersebut membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba berinovasi di bidang minuman agar dapat menyesuaikan dengan tren yang sedang viral saat ini yaitu teh kekinian. Teh kekinian pun semakin banyak hadir di tengah masyarakat dengan berbagai macam variasi produk dan rasa yang menawarkan berbagai varian rasa yang unik salah satunya yaitu brand Menantea. Peningkatan konsumsi teh kekinian tersebut menyebabkan banyak brand teh kekinian yang didirikan dengan segmen pelajar dan mahasiswa. Hal ini menyebabkan Menantea dituntut untuk melakukan inovasi baru agar dapat bersaing dengan merek lainnya. Upaya yang dibutuhkan perlu adanya dukungan dari Celebrity Endorsement, Word of Mouth, dan Kualitas Produk Menantea itu sendiri agar dapat melakukan perbaikan dan inovasi yang berkaitan dengan permasalahan yang ada agar nantinya dapat meningkatkan omset penjualan. Sehingga diharapkan konsumen hadir karena ajakan dari konsumen lainnya yang dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Celebrity Endorsement dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan diperkuat Word of Mouth minuman Menantea.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikuantitatifkan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah mengonsumsi minuman Menantea. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria sampel responden pernah berkunjung di Menantea dan responden telah melakukan pembelian minuman Menantea. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form. Periode pengisian kuesioner dimulai tanggal 16 Desember 2022 sampai dengan 17 Januari 2023. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan Path Analysis (Analisis Jalur).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Word of Mouth; b) Kualitas Produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Word of Mouth; c) Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian; d) Kualitas Produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian; e) Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian; f) Word of Mouth mampu memperkuat pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian; g) Word of Mouth tidak mampu memperkuat pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian.