• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-LKPD dengan Model Pembelajaran Discovery Learning (Studi Kasus pada Kelas XI SMA Negeri 1 Gending)

    Thumbnail
    View/Open
    Mira Ludfiana Kholida Repository.pdf (1.131Mb)
    Date
    2024-06-27
    Author
    KHOLIDA, Mira Ludfiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD dibandingkan Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Gending. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam merangkum pembelajaran akibat kebiasaan pembelajaran daring, serta kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan E-LKPD dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan PBL model berbantuan E-LKPD mempunyai rata-rata nilai post-test sebesar 85,78, lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model Discovery Learning yang mempunyai rata-rata nilai post-test sebesar 79,28. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model PBL menuntut siswa untuk aktif mencari informasi dan memecahkan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa terbiasa berpikir kritis dan mencari solusi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126174
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository