• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Mutu Layanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    Hubungan Mutu Layanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien.pdf (1.487Mb)
    Date
    2023-08-01
    Author
    WULANDARI, Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mutu layanan keperawatan yang berkualitas tidak hanya dipengaruhi kecepatan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien, tetapi bagaimana perawat bisa membentuk interaksi komunikasi terapeutik pada pasien. Interaksi komunikasi yang baik, dapat memberikan rasa tenang dan nyaman bagi pasien ataupun keluarga. Kebutuhan pelayanan kesehatan pasien yang semakin kompleks, memerlukan layanan medis yang profesional dalam mengatasi masalah kesehatan. Layanan kesehatan juga berperan penting dalam memberikan layanan yang baik atau buruk kepada masyarakat, sehingga masyarakat sendiri dapat menilai apakah layanan kesehatan yang diterimanya sesuai dengan yang diharapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya hubungan mutu layanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian desktiptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consequtive sampling dengan jumlah sampel 60 pasien rawat inap yang terbagi menjadi tiga ruangan yaitu ruang rawat inap Anggrek, Melati dan Mawar di puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner mutu layanan keperawatan dengan 7 indikator dan kepuasan pasien dengan 5 indikator. Analisis statistik yang digunakan adalah spearman’s rank dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu layanan keperawatan yang didapat dalam kategori baik dengan 83,3% dan kepuasan pasien didapat dalam kategori tinggi dengan 68,3%. Hasil uji statistik spearman’s rho menunjukkan hasil nilai P value sebesar 0,000 dan r 0,694 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang dapat diartikan terdapat hubungan yang kuat dan searah antara mutu layanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Layanan keperawatan di ruang rawat inap merupakan layanan inti dari layanan yang diberikan perawat pada setiap kebutuhan pasien. Pasien akan cenderung lebih mengharapkan layanan keperawatan yang baik dan efesien sehingga pasien merasakan nyaman dan puas. Kepuasan maupun ketidakpuasan pasien sangat berhubungan dengan persepsi perhatian pasien karena perhatian yang diberikan oleh perawat dapat dirasakan secara langsung oleh pasien, mulai dari awal pelayanan sampai akhir pelayanan keperawatan yang pasien dapatkan di ruang rawat inap. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan searah (positif) antara mutu layanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Sebagai pemberi layanan keperawatan, perawat diharapkan mampu untuk terus meningkatkan mutu layanan keperawatan di semua intansi kesehatan untuk mencapai kepuasan yang diharapkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126120
    Collections

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository