Pengendalian Risiko Teknis Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo
Abstract
Setiap proyek konstruksi memiliki potensi risiko yang dapat menghambat jalannya pekerjaan, termasuk risiko teknis yang dapat menyebabkan keterlambatan hingga penghentian proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan risiko teknis pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo Seksi 1 Paket 1.1. Proyek ini dilaksanakan oleh PT ADHI KARYA untuk PT JMM (Jogjasolo Margo Makmut) dalam rangka mendukung pengembangan infrastruktur menuju kawasan pariwisata nasional seperti Borobudur dan akses ke Bandara Internasional Yogyakarta.
Metode identifikasi risiko yang digunakan adalah HAZID (Hazard Identification) dengan fokus pada tiga variabel utama: tenaga kerja, material dan peralatan, serta lingkungan. Dari proses ini, diperoleh 27 sub variabel risiko teknis. Penilaian risiko dilakukan menggunakan metode HIRA (Hazard Identification and Risk Assessment), dimulai dengan penyebaran kuisioner pendahuluan, uji validitas dan reliabilitas, hingga diperoleh 21 sub variabel yang valid. Analisis lebih lanjut dilakukan untuk menentukan risiko dominan menggunakan diagram pareto, yang menghasilkan 14 sub variabel risiko dominan.
Pengendalian risiko dilakukan menggunakan metode HAZOP (Hazard and Operability Study) dengan menganalisis penyebab dan akibat dari risiko yang terjadi. Proses ini menghasilkan 40 rekomendasi pengendalian risiko terhadap risiko-risiko teknis dominan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolaan risiko teknis pada proyek konstruksi serupa di masa mendatang.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4185]