Pengaruh Model Quantum Learning disertai LKS Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mampu mengembangkan
keterampilan-keterampilan atau potensi pada siswa. Memproses suatu
pengetahuan, keterampilan, dan sikap diperoleh siswa melalui proses
pembelajaran. Pembelajaran di Indonesia mencakup pengembangan ranah sikap,
penegtahuan, dan keterampilan. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan suatu
pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan siswa dan partisipasi
siswa dalam belajar. Fisika merupakan mata pelajaran yang dalam
pembelajarannya berkembang melalui observasi, perumusan masalah, menyusun
hipotesis, eksperimen, menarik kesimpulan, dan penemuan teori serta konsep.
Fisika juga merupakan bidang studi yang rata-rata bukan favorit siswa. Siswa
hanya menghafal konsep dan kurang mampu untuk menerapkan konsep terhadap
permasalahan sehari-hari. Siswa yang mampu berpikir kritis akan semakin baik
dalam menangani permasalahan yang ditemui, khususnya pada materi fisika.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menerapkan model quantum
learning disertai LKS mind mapping terhdap kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa