Hubungan antara Metacognitive Skill dengan Critical Thinking Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah melalui Penerapan Inquiry Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metacognitive skill dengan critical thinking skill peserta didik dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan inquiry based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN Jenggawah dan diambil 1 kelas sebagai sampel (XI-2) yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hubungan antara metacognitive skill dengan critical thinking skill diukur dengan melihat koefisien korelasi sebesar 0,621 yang tergolong kuat dan persamaan regresi linier Ŷ = 23,172 + 0,844X yang diperoleh dari hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan metakognitif dengan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan model inquiry based learning, yaitu linier, positif dan signifikan.