Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian D.Co Pizza Bondowoso Sebagai Produk Alternatif
Abstract
Saat ini ramai diberitakan mengenai seruan aksi untuk beralih pada produk alternatif dari produk perusahaan yang mendukung genosida Israel terhadap Palestina, salah satunya melalaui aksi boikot internasional yang dikomando oleh Boikot, Divestasi, Sanksi ,Salah satu dari daftar BDS adalah daftar boikot lainnya yang cukup kontroversial di antaranya ada Pizza Hut, MCD, Wix, Burger King, Pizza Papa John’s dan Domino’s Pizza. Majelis Ulama Indonesia juga mengeluarkan Fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 sebagai bentuk respons terhadap perjuangan Palestina. Fenomena di atas membuat masyarakat lebih berhati-hati dalam melakukan pembelian pada produk yang masuk dalam daftar boikot dan mulai beralih pada produk alternatif yaitu produk lokal, salah satu produk lokal Bondowoso sebagai produk alternatif adalah D.Co Pizza Bondowoso yang memiliki daya saing dan ciri khasnya tersendiri, akan tetapi belum ada kepastian faktor apa yang mempengaruhi beralihnya masyarakat pada produk alternatif terutama pada D.Co Pizza Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan fatwa MUI nomor 83 Tahun 2023 dan religiositas terhadap keputusan pembelian D.Co Pizza Bondowoso. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan analisis regresi logistik biner. Dari hasil perhitungan analisis regresi logistik, terhadap hubungan yang signifikan yaitu pengetahuan terhadap keputusan pembelian dan religiositas terhadap keputusan pembelian.