Pengaruh Model Pembelajaran EARTHCOMM Berbantuan Peta Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA
Abstract
Kondisi pembelajaran di sekolah yang cenderung tidak interaktif memicu
ketidakaktifan siswa selama proses belajar berlangsung, selain itu penerapan
model pembelajaran konvensional yang kurang maksimal juga berdampak pada
kemampuan berpikir spasial siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan
siswa cenderung tidak terlibat secara aktif kedalam pembelajaran, hal ini
berpengaruh pada kegiatan pembelajaran serta kemampuan berpikir spasial akibat
kurangnya pemahaman juga keterlibatan siswa pada materi yang disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari penerapan model
pembelajaran earthcomm terhadap kemampuan berpikir spasial menggunakan
media peta pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuasi eksperimen dengan desain posttes only control group. Hasil penelitian
menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran
earthcomm memiliki nilai rata-rata posttes kemampuan berpikir spasialyang lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai ratarata 69,52 sedangkan kelas kontrol 62,14. Berdasarkan nilai Independent Sample
T-tes yang kurang dari (>) 0,05 dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran earthcomm berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir
spasial menggunakan media peta siswa SMA.